Penyakit Kanker Prostat pada Pria

Penyakit Kanker Prostat pada PriaPenyakit Kanker prostat pada pria adalah suatu bentuk keganasan yang terjadi dibagian kelenjar prostat. Dan beberapa dokter menganggap bahwa penyakit kanker prostat diawali dengan terjadinya perubahan sangat kecil dalam ukuran dan juga bentuk dari sel-sel kelenjar prostat. Dan perubahan ini lebih dikenal dengan istilah Prostatic Intraepithelial neoplasia. Dan hamori setengah dari semua orang yang mempunyai PIN ini sudah berusia diatas 50 tahun mengalami perubahan pada tampilan sel-sel kelenjar prostat di mikroskop. Dan perubahan ini ada beberapa tingkat, yakni dari mulai tingkat yang rendah sampai ke tingkat yang bermutu tinggi.

Penyakit Kanker Prostat pada Pria

Dan jika Anda sudah punya biopsi prostat yang menunjukkan PIN bermutu tinggi, maka kemungkinan lebih besar adanya sel-sel kanker di dalam prostat Anda. Dan untuk alasan in, maka Anda harus memperhatikan dengan lebih seksama, bahkan mungkin juga harus melakukan biopsi yang lain.

Penyebab dari penyakit kanker prostat pada pria hingga saat ini masih belum diketahui secara jelas. Tetapu, ada beberapa hal yang bisa membuat resiko penyakit prostat pada pria semakin meningkay. Diantaranya adalah faktor usia, diet tinggi lemak, dan doksin juga dianggap sebagao faktor resiko penyebab penyakit kanker prostat pada pria.

Penyakit Kanker Prostat pada Pria

Penyakit Kanker Prostat pada Pria

Penyakit kanker prostat pada pria untuk stadium dini tidak menunjukkan adanya gejala. Dan setelah penyakit kanker semakin berkembang, baru kemudian munculah gejala yang tidak khas. Dan gejala yang muncul biasanya adalah seperti gejala BPH atau Benign Prostatic Hyperplasia yakni penyakit yang terjadi pembesaran prostat jinak yang terjadi pada orang lanjut isia. Dan akibatnya adalah, kedua penyakit ini menjadi sangat sulit untuk dibedakan dan perlu melakukan pemeriksaan supaya bisa mendeteksi secara dini sekaligus juga untuk membedakan antara penyakit kanker prostat dan juga BPH.

Dibawah ini adalah beberapa gejala yang sering ditemukan oleh penderita penyakit kanker prostat pria adalah :

  1. Buang air kecil yang sering, dan biasanya terjadi di malam hari
  2. Mengalami kesulitan untuk memulai buang air kecil dan juga menahan air seni.
  3. Aliran dari air seni yang lemah atau juga terganggu.
  4. Perasaan nyeri dan sakit saat sedang buang air kecil
  5. Munculnya darah didalam air seni
  6. Gangguan seksual seperti disfungsi ereksi dan ejakulasi dini serta nyeri saat ejakulasi.
  7. Sering merasa nyeri atau juga kuku dibagian punggung bawah, pinggul, dan paha atas.

Terdapat beberapa jenis sel-sel kanker yang ada didalam kelenjar prostat.tetapi, hampir semua jenis dari penyakit kanker prostat diawali dari sel-sel kelenjar dan juga lebih dikenal sebagai adenokarsinoma. Mereka yang usianya sudah lebih dari 50 tahun, maka sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan PSA total atau prostate specific antigen dan juga melakukan pemeriksaan colok dubur atay Dre setiap tahunnya. Dan jika anggota keluarga anda ada yang mengalami penyakit kanker prostat, maka sangat dianjurkan untuk melakukan skrining sejak dari usia 40 tahun.

PSA merupakan suatu enzim yang dikeluarkan dari kelenjar prostat dan fungsinya adalah untuk membantu mengencerkan cairan ejakulasi dan untuk bisa memudahkan gerakan sperma. Dan untuk kondisi normal, hanya sedikit PSA yang bisa masuk ke dalam aliran darah. tetapi, jika terjadi inflamasi atau peradangan dan kerusakan pada jaringan prostat maka kadar PSA dalam darah akan mengalami peningkatan.

Untuk bisa membedakan apakah peningkatan dari kadar PSA diakibatkan karena BPH atau juga karena penyakit kanker prostat pada pria, maka sangat dianjurkan sekali melakukan pemeriksaan untuk bisa melakukan rasio free-PSA (PSA total atau rasio c-pSA). Pemerksaan PSA total ini terutama dilakukan untuk mereka yang mempunyai kadar PSA totapnya adalah sekitar 2,6-10 ng/ml.

Untuk membantu menghindari over-diagnosis atau juga over-treatment dan penyakit kanker prostat, maka yang sudah dilakukan riset disebut dengan START (surveillance therapy against radical treatment) yang dipimpin oleh seorang Dr. Laurence Klotz. Dan hasil dari riset internasional yang dilakukan menemukan jika disaat metode AS ini diterapkan pada pasien penderita penyakit kanker prostat jinak, maka kankernya tidak mengalami penyebaran, dan secara keseluruhan tingkat kematiannya menjadi berkurang dari 2%. Dan penelitian ini adalah suatu hal yang sangat penting karena sebagian besar dari pria yang mengalami penyakit kanker prostat sangat berat dalam melakukan operasi untuk mengangkat prostat. Dan kebanyakan dari mereka stress untuk memikirkan dampak yang terjadi misalnya adalah disfungsi ereksi atau juga inkontinensia atau tidak bisa menahan kencing dalam waktu lama.

Metode AS ini adalah kondisi pria yang ditandai dengan tanda-tanda prakanker prostat dan secara aktif melakukan satu monitoring atau pemantauan dari perkembangan penyakit kankernya. Dan pasien ini tidak hars menjalani pengobatan medis apapun, seperti misalnya adalah operasi atau juga radioterapi selama parameter masih dapat dikendalikan. Tetapi, jika terjadi suatu peningkatan PSA makan harus dilakukan suatu tindakan medis.

Itulah informasi mengenai penyakit kanker prostat pada pria, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Terimakasih.

Penyakit Kanker Prostat pada Pria


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in kanker prostat and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.