Penderita Kanker Prostat Pada Pria

Penderita Kanker Prostat Pada Pria – Prostat yaitu  suatu kelenjar di pinggul pria yang merupakan bagian dari sistem  reproduksi. Prostat berada tetap di bawah kandung kemih di depan rektum. Kelenjar prostat yang mengelilingi uretra, yaitu saluran yang membawa urin dari kandung kemih ke penis. Prostat ini akan membantu untuk menghasilkan cairan yang menyuburkan dan melindungi sperma. Ketika terjadi ejakulasi prostat  tersebut akan mengeluarkan cairan ini akan menuju uretra. Cairan yang di keluarkan akan mengalir bersama dengan sperma sebagai air mani.

Penderita Kanker Prostat Pria

Penderita Kanker Prostat Pada Pria

Ada penderita kanker prostat pria yang bersifat agresif dan mampu menyebar dengan cepat. Tapi pada umumnya, kanker prostat tumbuh secara perlahan dan tidak dapat menyebar. Menurut data WHO, kanker prostat adalah kasus kanker paling umum urutan kedua pada pria. Diperkirakan sekitar 1,1 juta pria di seluruh dunia di diagnosa menderita kanker prostat dan terdapat hampir 307.000 kasus kematian pada tahun 2012. Kasus kanker prostat berdasarkan data International Agency for Reseach on Cancer (IARC), pada tahun 2012 di Indonesia terdapatsekiatr 13.000 kasus angka  kematian hingga 9.191 kasus.

Kanker prostat adalah tumor ganas yang tumbuh pada prostat, kelenjar seukuran kacang walnut kandung kemih pria yang  fungsinya memproduksi sperma.  Sebagian besar kanker prostat akan sangat tumbuh dengan lambat namun merupakan kanker ganas, dan kanker dapat menyebar ke bagian tubuh lain khususnya tulang dan kelenjar getah bening.

Gejala para Penderita Kanker Prostat Pada Pria

Kanker prostat mungkin saja tidak menimbulkan gejala apa pun pada tahap awal. Gejala kanker prostat akan muncul ketika prostat terlalu besar atau membengkak dan mulai memengaruhi uretra.

Beberapa tanda dan gejala yang muncul ketika ini terjadi adalah:

  • Lebih sering buang air kecil, terutama saat malam hari
  • Merasa nyeri saat buang air kecil
  • Merasa kandung kemih selalu penuh
  • Darah dalam urin atau air mani
  • Tekanan saat mengeluarkan urin berkurang

Biasanya, tanda maupun gejala kanker prostat akan muncul ketika kanker sudah menyebar keluar dari prostat. Tapi gejala-gejala di atas tidak selalu disebabkan oleh kanker prostat. Kondisi di atas bisa saja disebabkan oleh infeksi saluran kemih.

Prostat pria umumnya akan bertambah besar  seiring bertambahnya usia. Gejala di atas perlu di waspadai meski tidak selalu berarti anda mengidap penderita kanker prostat pria.

Berikut ada beberapa gejala prostat ketika sudah memasuki tahap yang lebih parah :

  • Kelemahan atau kelumpuhan pada tubuh di bagian bawah
  • Penurunan berat badan
  • Selera makan akan hilang
  • Rasa sakit pada tulang terutama punggung di bawah, paha dan pinggul
  • Merasakan sakit atau kaku pada bagian panggul, punggung bawah, paha atas, atau pada tulang di dekitarnya
  • Mual dan muntah

Penyebab Para  Penderita Kanker Prostat Pada Pria

Hingga kini, penyebab munculnya kanker prostat masih belum diketahui. Tapi faktor keturunan atau genetika dan usia seseorang bisa meningkatkan risiko munculnya kanker prostat. Tidak jelas apa sebenarnya yang menyebabkan kanker prostat. Para dokter menilai bahwa kanker prostat timbul ketika beberapa sel prostat menjadi tidak normal. Mutasi sel yang tidak normal tersebut akan membuat sel tumbuh sangat cepat dibanding sel yang normal.

Pada saat sel normal mati, maka sel ini tidak akan mati. Kumpulan dari sel-sel yang tidak mati tersebut akan membentuk sebuah tumor yang tumbuh dan menyerang jaringan yang ada disekitarnya. Beberapa sel yang tidak normal tersebut kemungkinan akan menyebar ke bagian tubuh yang lain. Beberapa faktor resiko yang memungkinkan untuk menderita kanker prostat yaitu: Sudah mencapai usia yang tua Mempunyai keturunan keluarga yang pernah mengidap kanker prostat Obesitas, Seorang pria yang menderita kanker prostat dan mempunyai berat badan yang tidak normal akan sulit melakukan perawatan medis.

 

Cara Mencegah Para Penderita Kanker Prostat Pada Pria

Karena pennyakit kanker prostat ini cukup membahyakan bagi pria, maka sebisa mungkin harus melakukan pencegahan.

Berikut ini ada beberapa cara mencegah penderita kanker prostat pada pria ini :

  • Selalu melakukan olahraga secara rutin. Olahraga ini dapat mengembalikan atau memperbaiki kesehatan anda serta dapat menjaga badan anda. Terdapat bukti yang menjelaskan bahwa pria selalu berolahraga mempunyai kemungkinan kecil untuk terkena kanker prostat dari pada yang tidak melakukan olahraga
  • Menjaga berat badan anda, jika saat ini anda sudah mempunyai berat badan yang sudah ideal, perlu anda pertahankan dengan selalu melakukan olah raga secara teratur. Bagi anda yang mempunyai berat badan lebih, usahakan mengurangi kalori yang ada pada makanan anda dan selalu berolahraga dengan teratur.
  • Mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan buah dan sayur. Selalu menghindari makanann yang berlemak tinggi dan kurangi panggunaan suplemen. Sayuran dan buah buahan ini mempunyai banyak kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan. Salah satu nutrisi yang terkandung di dalam yaitu lycopene yang bermanfaat untuk melakukan pencegahan bagi para penderita kanker prostat pria ini.
  • Ketika tanda-tanda kanker prostats mulai terasa, lebih baik segera konsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan. Deteksi dini penyakit kanker prostats sangat penting agar penyakit ini lebih mudah ditangani.
                                                   Penderita Kanker Prostat  Pada Pria

=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in kanker prostat. Bookmark the permalink.

Comments are closed.